Keren Ekstrakurikuler JSM Gelar Wawancara Eksklusif dengan Kakanwil Kemenag Jateng

Keren Ekstrakurikuler JSM Gelar Wawancara Eksklusif dengan Kakanwil Kemenag Jateng

Kebumen - Ada suatu hal menarik yang patut untuk diamati disela-sela kegiatan Pekan Olahraga dan Seni MAN se-Kedu (Porsemandu) tahun 2022 ini, pasalnya Ekstrakurikuler Jurnalistik Suara Madrasah (JSM) MAN 1 Kebumen berhasil menggelar Wawancara Eksklusif bersama Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah (Jateng), H. Musta’in Ahmad. (24/9)

Sebagai pejabat tertinggi di Kanwil Kemenag Jateng dengan jadwal kesibukan yang luar biasa padat, menjadi suatu hal langka yang tidak biasa ketika ekstrakurikuler JSM MAN 1 Kebumen dapat menggelar acara Wawancara Eksklusif bersama H. Musta’in Ahmad. Suasana ceria dan bahagia nampak tergambar dari raut wajah Nisrina Nasywa Fatihah yang bertugas sebagai host usai sukses mewawancarai orang nomor 1 di Kanwil Kemenag Jateng tersebut.

Ekstrakurikuler JSM merupakan ruang kreatif yang menampung bakat minat peserta didik dalam bidang Jurnalistik. Disamping penulisan berita, teknik pengambilan foto dan vidio dengan camera profesinal serta edit vidio, melakukan wawancara dengan para tokoh merupakan salah satu agenda ekstrakurikuler JSM dalam kemasan acara Wawancara Eksklusif yang tayang di channel youtube MAN 1 Kebumen.

Ini bukan kali pertama ekstrakurikuler JSM MAN 1 Kebumen mendapat kesempatan mewancarai langsung tamu undangan yang notabene adalah “orang penting”, sebelumnya Wahyu Dwi Cahyani peserta didik kelas XII Agama 1 pernah juga beberapa kali mewawancarai tokoh-tokoh penting seperti, H. Ibnu Asaduddin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan AKP Sugianto Kepala Satuan Lalu lintas Kepolisian Resor Kebumen.

Kepala MAN 1 Kebumen melalui Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Yuniasih sangat mengapresiasi kreatifitas anak-anak ekstrakurikuler JSM. “Eksitensi ekstrakurikuler JSM sangat membantu publikasi kegiatan madrasah baik dalam bentuk karya audiovisual maupun berita yang menghiasi media sosial MAN 1 Kebumen”, ungkapnya.

“Teruslah berkarya mengasah kreatifitas, karena JSM sebagai wadah bakat dan minat peserta didik dalam bidang penulisan berita, fotografi, videografi dan desain grafis dapat menjadi bekal kalian dalam meraih cita-cita”, pesan yuniasih untuk anggota JSM.

Pembina ekstrakurikuler JSM M. Ikhsan Abdul Wafi menyampaikan, diantara daftar pertanyaan yang diajukan oleh Wawa adalah seputar kegiatan Porsemandu Tahun 2022 dan launching tiga aplikasi baru dari MAN 1 Kebumen.

“Peserta didik akan mendapatkan banyak pengalaman berharga ketika mereka melakukan praktik secara langsung, diantara pengalaman yang mereka dapatkan adalah mengasah mental jurnalis, mengasah kemampuan publik speaking dan yang paling utama adalah pengalaman bekerja secara tim yang tidak bisa dilakukan sendiri tanpa adanya teman yang lain.” tutur M. Ikhsan Abdul Wafi.

Nisrina Nasywa Fatihah mengatakan hal ini merupakan pengalaman yang luar biasa karena mendapatkan kesempatan untuk berdialog langsung dengan Kakanwil Kemenag Jateng di Panggung Aksara Perpustakaan Iqra MAN 1 Kebumen.

“Saya mempersiapkan diri untuk melakukan wawancara eksklusif dengan Bapak Kakanwil Kemenag Jateng dengan beberapa daftar pertanyaan yang akan saya ajukan, Alhamdulillah semua berjalan lancar dengan dukungan kerja tim dari teman-teman JSM yang solid”, ungkap peserta didik kelas XI IPA 2 yang akrab disapa Wawa oleh teman-temannya (lan/tt).